27 November 2008

SALANKAYANA

Ada sebuah nama dinasti di India yang berdasarkan naskah wangsakerta sangat erat hubungannya dengan raja-raja tanah Pasundan jaman dahulu. Dinasti tersebut adalah Salankayana (Calankayana). Hubungan yang terjadi menjadi sangat penting mengingat ada dua kerajaan di tanah Pasundan yang didirikan oleh orang Salankayana ini. Pertama adalah Taruma Nagara yang dididikan oleh Maharesi Jayasinghawarman. Dan yang kedua adalah Kendan/Galuh yang didirikan oleh Resiguru Manikmaya.

Salankayana merupakan sebuah dinasti kuno di India yang memerintah sebuah kerajaan yang bernama Wanga (Vanga/Vengi). Mereka adalah keturunan dari penguasa Maurya (Arya) sehingga satu keturunan dengan Angga, Kalingga, Pundra dan Suhma. Salankayana berkuasa di Wanga antara tahun 300 – 400 M. Kerajaannya terletak di India Utara sebelah Timur, yang sekarang merupakan wilayah Negara Bangladesh. Dinasti Salankayana berkuasa di Wanga menggantikan dinasti Andhra Iksvaku yang merupakan bawahan dari kerajaan Palawa.

Sekitar tahun 435 M, kerajaan Wanga yang saat itu di pimpin Hastiwarman bersekutu dengan Wisnugopa dari kerajaan Palawa untuk menaklukkan Samudra Gupta. Namun kejadian malah terjadi sebaliknya, mereka ditaklukan oleh Samudra Gupta atau Madhawarman II seorang yang juga keturunan dinasti Maurya dari kerajaan Magadha. Penaklukan ini menyebabkan dinasti Salankayana tercerai berai, sebagian dari mereka mengungsi kearah timur termasuk sebagian ke Pulau Jawa.

Ditahun 348 M, sebagian pengungsi dinasti Salankayana yang dipimpin oleh seorang resi yang bernama Jayasinghawarman sampai di kerajaan Salaka Nagara. Mereka diterima oleh Dewawarman VIII dan Jayasinghawarman pun diangkat menjadi menantu. Selanjutnya mereka dimukimkan di sekitar sungai Citarum. Pemukiman tersebut pada akhirnya berkembang menjadi kerajaan dengan nama Taruma Nagara.

Firman Raharja, 27112008

Sumber :

Pustaka Pararatwan i Bhumi Jawadwipa parwa I sarga 1

http://en.wikipedia.org/wiki/Salankayana

http://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Wanga

No comments:

Post a Comment